Apa Itu BMR? Ini Cara Hitung BMR & Faktor yang Mempengaruhi - Natural Farm Indonesia (2024)

Sport

By Vivi |

Apa Itu BMR? Ini Cara Hitung BMR & Faktor yang Mempengaruhi - Natural Farm Indonesia (1)

Cara hitung BMR membutuhkan data berat dan tinggi badan serta usia seseorang. Untuk diketahui Basal Metabolic Rate (BMR) atau yang dikenal juga dengan istilah angka metabolisme basal (AMB) merupakan jumlah kalori saat melakukan aktivitas ringan.

Sekalipun aktivitas sehari-hari Anda kebanyakan rebahan dan bermain gadget, tapi tubuh tetap memerlukan kalori dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan seseorang dengan banyak aktivitas.

Penting mengetahui bagaimana cara hitung BMR agar Anda mengetahui kebutuhan kalori harian. Dengan begitu, tidak ada lagi kalori yang mengendap dan menjadi lemak.

Apa Itu BMR Kalori?

Jika kendaraan membutuhkan bensin sebagai bahan bakar, maka Anda sebagai manusia membutuhkan kalori sebagai bahan bakar tubuh untuk bergerak. Sekalipun Anda tidak melakukan aktivitas apapun, Anda tetap membutuhkan kalori di dalam tubuh.

Hanya saja kebutuhan kalori setiap orang berbeda. Untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang dibutuhkan caranya menggunakan metode perhitungan BMR. BMR itu apa?

Seperti yang tertulis di website HelloSehat, definisi Basal Metabolic Rate atau BMR adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas dasar.

Aktivitas yang dimaksud bukan aktivitas bekerja dan berolahraga layaknya aktivitas manusia pada umumnya. Melainkan aktivitas di dalam tubuh seperti proses mencerna makanan, memperbaiki sel tubuh, memompa jantung, mengeluarkan racun bahkan aktivitas bernapas pun membutuhkan kalori.

Tujuan aktivitas di atas untuk menyeimbangkan kestabilan fungsi biologis agar tubuh tetap bisa bertahan hidup. Sekitar 50 sampai 80 persen energi harian Anda digunakan untuk menggerakkan fungsi dasar tubuh.

Adapun persentase paling banyak menggunakan BMR saat menggerakkan otot. Hal tersebut lantaran tubuh membutuhkan banyak energi untuk menjaga massa otot. Oleh karena itu, tak heran bila cara menghitung kalori BMR sering dijadikan salah satu metode untuk mendapatkan berat badan ideal.

Baik program menurunkan atau meningkatkan berat badan, seluruh program pembentukan berat tubuh ideal tersebut cukup efektif bila menggunakan rumus menghitung BMR. Sebab dengan metode perhitungan BMR tersebut Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori harian.

Baca Juga:

Cara Menghitung BMR

Komponen yang diperlukan untuk menghitung BMR dengan berat dan tinggi badan, jenis kelamin dan usia seseorang. Rumus menghitung BMR yang paling sering digunakan adalah cara hitung BMR dari Harris-Benedict. Adapun rumusnya sebagai berikut:

  • Cara menghitung BMR wanita = 655 + (9,6 x berat badan) + (1,8 x tinggi badan) - (4,7x usia)
  • Cara hitung BMR pria = 66,5 + (13,7 x berat badan) + (5 x tinggi badan) - (6,8 x usia)

Satuan yang digunakan untuk berat badan adalah kilogram (kg) dan tinggi badan sentimeter (cm). Perlu digarisbawahi rumus di atas hanya mengetahui BMR, belum mengetahui jumlah kalori harian Anda.

Sedangkan bila Anda ingin mengetahui kebutuhan kalori harian maka dari hasil perhitungan BMR bisa dikalikan nominal lain tergantung aktivitas fisik harian. Adapun tingkat aktivitas fisiknya antara lain:

  • Orang yang sering berolahraga atau melakukan aktivitas berat dikalikan 1,4
  • Orang yang jarang berolahraga dikalikan 1,3
  • Orang yang hampir tidak pernah berolahraga dikalikan 1,2

Faktor yang Mempengaruhi BMR

Angka ideal kebutuhan BMR untuk wanita kurang lebih 1.400 kalori sedangkan BMR pria sekitar 1.600 sampai 1.800 kalori. Kendati demikian ada faktor lain yang dapat mempengaruhi angka BMR tersebut.

1. Faktor Internal

Faktor internal yang dapat mempengaruhi perhitungan BMR di antaranya:

  • Ukuran badan
  • Jumlah massa lemak
  • Jumlah massa otot
  • Kondisi genetik
  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Pertumbuhan
  • Kondisi hormon dan saraf

2. Faktor Eksternal

Sedangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi rumus hitung BMR, di antaranya:

  • Makanan bernutrisi dan bergizi
  • Aktivitas fisik
  • Konsumsi obat-obatan dan zat kimia
  • Suhu lingkungan
  • Kekurangan zat gizi
  • Tubuh dalam kondisi puasa, kelaparan dan diet ekstrem
  • Penyakit lain

Rekomendasi Suplemen Pembakar Kalori

Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan kalori tubuh dengan mengonsumsi suplemen khusus untuk membakar kalori. Berikut ini rekomendasi suplemen yang aman dan efektif untuk membakar kalori di dalam tubuh.

1. Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate

Apa Itu BMR? Ini Cara Hitung BMR & Faktor yang Mempengaruhi - Natural Farm Indonesia (2)

Suplemen Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate diklaim rendah lemak dan memiliki kandungan Hydrolyzed & Ultra-Filtired Whey Protein Isolate. Setiap takaran sajinya terdapat kandungan 1 gram karbohidrat dan 80 persen protein.

Tersedia berbagai rasa yang lezat di antaranya Milk, Chocolate, Milk Tea, dan Grape. Adapun varian ukurannya sebagai berikut:

  • Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate - 31 gram
  • Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate - 1,58 lb
  • Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate - 1,64 lb
  • Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate - 2,28 kg
  • Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate - 2,36 kg

2. Optimum Nutrition Platinum Hydro Whey

Apa Itu BMR? Ini Cara Hitung BMR & Faktor yang Mempengaruhi - Natural Farm Indonesia (3)

Suplemen lainnya yang efektif untuk membakar kalori adalah Optimum Nutrition Platinum Hydro Whey berukuran 3,5 lb. Terdapat pilihan varian rasa di antaranya co*kelat dan vanila.

Platinum Whey Hydro diklaim terbuat dari bahan yang murni dan gampang dicerna tubuh. Terdapat kandungan asam amino BCAA sebanyak 9 gram untuk membantu proses pembentukan otot.

3. BSN Syntha 6 Isolate

Apa Itu BMR? Ini Cara Hitung BMR & Faktor yang Mempengaruhi - Natural Farm Indonesia (4)

BSN Syntha 6 Isolate membantu pemenuhan protein harian yang dibutuhkan tubuh sehingga proses pembentukan dan pemulihan otot lebih efektif dan efisien. Setiap takaran sajinya mengandung 22 gram protein dan 10 gram asam amino esensial. Terdapat pilihan varian rasa dan ukuran, di antaranya:

  • BSN Syntha 6 Isolate ukuran 4 lb rasa co*kelat, strawberry dan vanila
  • BSN Syntha 6 Isolate ukuran 5 lb rasa co*kelat, strawberry dan vanila
  • BSN Syntha 6 Isolate ukuran 10 lb rasa co*kelat dan vanila

4. ISOPURE Zero Carb

Apa Itu BMR? Ini Cara Hitung BMR & Faktor yang Mempengaruhi - Natural Farm Indonesia (5)

Rekomendasi lainnya yakni ISOPURE Zero Carb yang mengandung 25 gram Whey Protein Isolate murni 100 persen di setiap takaran sajinya. Keunggulan lainnya suplemen ini tidak mengandung gula tambahan dan karbohidrat, namun sebagai gantinya mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral.

ISOPURE Zero Carb memiliki rasa yang lezat yakni cookies & cream dengan pilihan ukuran, di antaranya:

5. ISOPURE Whey Protein Isolate

Apa Itu BMR? Ini Cara Hitung BMR & Faktor yang Mempengaruhi - Natural Farm Indonesia (6)

ISOPURE juga memproduksi suplemen pembakar kalori lainnya yakni ISOPURE Whey Protein Isolate yang rendah karbohidrat dan laktosa di setiap takaran sajinya. Adapun kandungan Whey Protein Isolate aslinya sebanyak 25 gram.

Bedanya dari suplemen lainnya, ISOPURE Whey Protein Isolate ini adalah produk unflavored, artinya tidak ada varian khusus sehingga Anda bisa mencampurkan dengan makanan atau minuman favorit Anda.

Dengan mengetahui cara hitung BMR, Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori dasar pada tubuh untuk menjalankan fungsi organ dan sel di dalam tubuh. Sejalan dengan itu, Anda juga dapat mengetahui apakah kebutuhan kalori harian Anda berkurang atau bertambah sesuai program pembentukan tubuh.

Saat mengetahui kebutuhan kalori harian, maka Anda bisa menjaga berat badan ideal tersebut untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Apabila Anda sedang mencari suplemen multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda bisa menemukan di website Natural Farm.

Yuk, mulai investasikan kesehatan tubuh!

Share

Apa Itu BMR? Ini Cara Hitung BMR & Faktor yang Mempengaruhi - Natural Farm Indonesia (2024)

FAQs

Faktor apa saja yang mempengaruhi perhitungan BMR? ›

Untuk perhitungan BMR biasa digunakan formula Harris-Benedict, yaitu dengan mempertimbangkan tinggi badan, berat badan, jenis kelamin dan usia.

BMR itu apa sih? ›

Basal metabolic rate (BMR) adalah kalori yang tubuh Anda perlukan untuk melakukan aktivitas dasar tubuh. Aktivitas tersebut mencakup memompa jantung, mencerna makanan, bernapas, memperbaiki sel tubuh, hingga membuang racun dalam tubuh.

Kalkulator BMR itu apa? ›

Basal Metabolic Rate (BMR) adalah jumlah kalori yang seseorang butuhkan untuk melakukan aktivitas minimal, seperti bernafas. Cara menghitung BMR menggunakan rumus Mifflin St. Jeor, yaitu: Pria = 10 x Berat Badan + 6.25 x Tinggi Badan – 5 x Umur + 5.

Rumus BMR apa saja? ›

Ada beberapa cara untuk menghitung BMR, dilansir dari buku Rahasia Diet oleh Denny Santoso:
  • BMR Laki-laki: 66 + (13,7 × berat kg) + (5 x tinggi cm) - (6,8 x umur th)
  • BMR Perempuan: 665 + (9,6 x berat kg) + (1,8 x tinggi cm) - (4.7 x umur th)
Feb 6, 2023

Jelaskan apa yang dimaksud dengan BMR? ›

Laju metabolisme basal (bahasa Inggris: basal metabolic rate, BMR) dikembangkan sebagai perbandingan antara kecepatan metabolisme dengan, awalnya, sebuah konteks klinis untuk menentukan status tiroid, seperti diketahui, beberapa analog hormon tiroid, seperti tiroksin, tri-iodotironina dan asam di-iodotiropropionat ...

Sebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan kalori seseorang? ›

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Kalori Harian
  1. Usia. Usia mempengaruhi tingkat metabolisme tubuh dan jumlah kalori yang dibutuhkan. ...
  2. 2. Jenis Kelamin. ...
  3. 3. Tinggi Badan dan Berat Badan. ...
  4. 4. Tingkat Aktivitas Fisik. ...
  5. Tingkat Stres. ...
  6. 6. Fase Siklus Hidup. ...
  7. 7. Jenis Makanan dan Nutrisi.
Feb 8, 2023

Berapa BMR ideal wanita? ›

BMR wanita = 655,1 + (9,563 x berat badan (kg)) + (1,850 x tinggi badan (cm)) - (4,676 x usia dalam tahun).

Apakah makan dibawah BMR bisa menurunkan berat badan? ›

Kekurangan Gizi. Ingat bahwa makanan yang kita konsumsi tidak hanya sekedar untuk memenuhi asupan kalori, tetapi juga zat gizi makro hingga mikro. Makan di bawah BMR berarti makan dalam porsi sangat sedikit, sehingga kebutuhan zat gizi bisa tidak terpenuhi terlebih jika hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu panjang ...

Defisit kalori boleh makan apa saja? ›

9 Makanan Rendah Kalori untuk Diet yang Kaya Nutrisi
  • Telur.
  • Kentang.
  • Dada Ayam.
  • Buah Beri.
  • Semangka.
  • Ikan Kod.
  • Udang.
  • Kacang Hijau.
Jan 26, 2024

Apa manfaat dari mengetahui nilai BMR? ›

Memahami BMR sangat penting untuk memberikan gambaran tentang kalori yang kita bakar setiap harinya apabila digabung dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukan secara sengaja.

Berapa kalori yang dibutuhkan tubuh dalam 1 hari? ›

Rata-rata asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa sekitar 1.600 kalori hingga 2.400 kalori. Sedangkan untuk pria dewasa antara 2.200 hingga 3.200 kalori perhari.

Berat badan 60 kg butuh kalori berapa? ›

Menghitung Kebutuhan Kalori Basal (KKB)

Untuk menghitung KKB, pastikan angka berat badan ideal telah diketahui. Berikut cara perhitungan kalori menggunakan KKB: Contohnya, jika seorang laki-laki memiliki berat badan ideal 60 kg, kalori yang dibutuhkan olehnya adalah 1500 kkal per hari.

Faktor faktor apa yang mempengaruhi BMR seseorang? ›

Faktor yang Mempengaruhi BMR
  1. Ukuran Tubuh. Faktor pertama yang mempengaruhi BMR adalah ukuran tubuh. ...
  2. 2. Jumlah Jaringan Otot Tanpa Lemak. ...
  3. 3. Jumlah Lemak Tubuh. ...
  4. 4. Kelaparan. ...
  5. Usia. ...
  6. 6. Pertumbuhan. ...
  7. 7. Jenis Kelamin. ...
  8. Predisposisi Genetik.
Jan 13, 2023

Apa arti dari BMR? ›

2.1 BMR (Basal Metabolic Rate)

Basal Metabolic Rate merupakan kebutuhan kalori minimal yang dibutuhkan untuk bertahan hidup pada saat kondisi tubuh sedang beristirahat tanpa melakukan kegiatan apa-apa. Jumlah tersebut merupakan jumlah kalori yang dibakar jika kita tidur selama 24 jam.

Apa artinya BMR rendah? ›

Mungkin yang anda maksud dengan BMR menurun adalah, laju metabolisme menurun. Saat metabolisme tubuh anda berjalan lambat, artinya tubuh anda lambat ketika membakar energi yang dibutuhkan. Sehingga pada akhirnya akan lebih banyak menumpuk energi dan mengalami kenaikan berat badan.

Manakah yang merupakan faktor yang memengaruhi Basal Metabolic Rate BMR )? ›

Metabolisme Basal juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan keadaan emosi atau stres. Orang dengan berat badan yang besar dan proporsi lemak yang sedikit mempunyai Metabolisme Basal lebih besar dibanding dengan orang yang mempunyai berat badan yang besar tapi proporsi lemak yang besar.

Apa yang mempengaruhi BMI seseorang? ›

2.1.2 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Body Mass Index (BMI)

Pola Makan. 2. Terdapat pola makan yang tidak seimbang dengan aturan-aturan jam makan pada umumnya yang disertai dengan kebiasaan tidak melakukan olah raga. 3. Sosial ekonomi.

Mengapa penting untuk memahami Basal Metabolic Rate BMR dalam konteks manajemen berat badan? ›

BMR akan bisa membantu kita dalam menentukan tingkat metabolisme basal yang membentuk sekitar 60-70% dari kalori yang digunakan seperti energi yang digunakan tubuh untuk mempertahankan fungsi dasar tubuh, termasuk: Detak jantung kita. Produksi sel. Pernafasan.

Kenapa tidak boleh makan dibawah BMR? ›

Makan di bawah BMR berarti makan dalam porsi sangat sedikit, sehingga kebutuhan zat gizi bisa tidak terpenuhi terlebih jika hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu panjang. Kekurangan zat gizi dalam jangka panjang dapat menyebabkan: Memburuknya komposisi tubuh. Anemia (kekurangan zat besi)

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Ouida Strosin DO

Last Updated:

Views: 5537

Rating: 4.6 / 5 (76 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Ouida Strosin DO

Birthday: 1995-04-27

Address: Suite 927 930 Kilback Radial, Candidaville, TN 87795

Phone: +8561498978366

Job: Legacy Manufacturing Specialist

Hobby: Singing, Mountain biking, Water sports, Water sports, Taxidermy, Polo, Pet

Introduction: My name is Ouida Strosin DO, I am a precious, combative, spotless, modern, spotless, beautiful, precious person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.